Same as me


Cerita ini turun dari Ibu Gw....nama di samarkan,Jadi ini tentang Ibu Gw(Tokoh "Gw" adalah Ibu Gw....)....

Mulai ceritanya..


****************************


Gw punya sebuah pengalaman yg cukup bisa di
bilang ANEH........Terjadi saat Ibu Gw kelas 2 smp......................2 hari sebelum lebaran....
"Yo! udah selesai belom.."Tanya seorang temen Gw yg bernama Jenny...."Ah...dikit lagi.."Jawab Gw sambil mempercepat tulisan,Saat itu Gw lagi sibuk ngerjain PR MTK.....Satu pelajaran yang susah banget buat Gw ngerti,Entah kenapa itu angka membuat Gw serasa ingin meledak....
"Sepuluh menit lagi.."Jenny memperingati Gw....."Sayangnya...Gw udah selesai.....!HAHAHAHA!!"Gw tertawa bangga,.......Sejujurnya Gw gak punya hak untuk ketawa kaya gitu,Karena Gw ngerjain PR itu dengan nyontek.....Ah tapi,bodo amat....Gw tutuplah buku dan bernafas lega.......
Sesuai kata Jenny,10 menit kemudian bel sekolah pun berbunyi,tanda pelajaran di mulai......



**********************************



"Assalamu'alaikum wr.wb....."Suara kepala sekolah tiba-tiba muncrat dari speaker yg terletak di pojok-pojok kelas....membuat kaget semua orang,"Saya mohon maaf sebelumnya kepada bapak-ibu guru yg sedang mengajar,tapi..."blablabla..pokoknya inti pembicaraan anak-anak segera dipulangkan karena mereka akan memasuki liburan panjang dalam Rangka.."LEBARAN"...
"Haaah....Lebaran..."Desah Gw sambil memakai tas,"Wei...Quina!!!"Jenny tiba-tiba memanggil Gw,Gw pun menengok ke arah Dia.."Yo sister....udah beli baju lebaran lum??"Lanjut Jenny sambil menghampiri Gw..Mendengar perkataan yang keluar dari mulut Jenny membuat hati Gw bergetar....mengingat keadaan ekonomi keluarga Gw yg sangat minim....jadi dengan melasnya Gw bilang..."Belom...."
Mendengar kalimat yg keluar dari mulut Gw tadi,Jenny langsung shock,Dia bengong...setelah beberapa detik jidatnya mengkerut..."Astagfirullah Quina!!Gw tau keadaan keluarga lo Gimana....tapi ini kan lebaran...ini keterlaluan namanya...."Jenny berkoment
ar..Gw cumank bisa nunduk dan diam..."Hah...payah deh....Ya udah lo yg sabar ya!!"Jenny mengelus rambut Gw....Gw membalasnya dengan sedikit tersenyum,Lalu Dia pun pergi meninggalkan Gw sendirian di kelas ini....
"Hah......"Gw menghela nafas,Hanya itu yg bisa Gw ekspresikan saat itu,Kata-kata Jenny pun terus terngiang-ngiang di hati Gw.....membuat Gw sedikit meneteskan air mata.....Dengan keadaan hati yg gak karuan Gw pun pulang ke rumah.....


******************************


"klontang!!!!Klontang!!!"Suara sendok berdentingan dengan piring kaca yg menjadi wadah untuk makanan Gw,Saat itu Gw lagi makan malam bersama Ibu Gw...Hanya Ibu Gw karena Ayah sudah lama pergi,Dan Gw adalah anak satu-satunya....."Nambah nak??"Tanya Ibu melihat Gw makan begitu rakus.....Diakibatkan oleh hati Gw yg gundah gulana karena memikirkan perkataan Jenny tadi..."gak bu segini aja cukup..."Gw sok imut....Ibu pun diam......Gw kembali
makan...
beberapa detik kemudian...Gw mulai berpikir.."(Mungkin ini saat yg tepat untuk ngomong)"Kata Gw dalam hati.."Bu...."Panggil Gw lembut..ibu pun mendongak,"Kenapa sayang??"Balas Ibu,Lalu tersenyum Wajah Asia kebarat-baratannya tak pernah pudar sedikitpun walau termakan usia yg memasuki pala 4.Walaupun sudah berumur Ibu masih terlihat menarik,Bahkan lebih terlihat seorang kakak di banding Ibu,Salah seorang temen Gw ada yg minta nomor telpon....Tapi langsung menyerah begitu Gw bilang...."Gw gak mau punya bapak kaya lo..".....
Balik ke cerita...

"Bu...2 hari lagi lebaran tapi....."
"Kau belum juga beli baju lebaran??"Ibu tiba-tiba memotong ...
Gw nunduk....
"Iya...."Jawab Gw lemas...
Ibu tersenyum...Lalu mematikan rokoknya......
"Quina...Kau tahu kan bagaimana keadaan Kita...."Ibu mulai menasehati Gw....
"Iya...."Gw makin nunduk......
Suasana menjadi dingin.....
"Kau iri ya??"Ibu tiba-tiba menanyakan hal yg menyebalkan..Tapi harus Gw akui saat itu Gw sangat iri...terhadap anak-anak yg udah beli baju baru....
"Ng...nggak!!"Gw mencoba menyembunyikan perasaan ini....
"sudah akui saja....memang Kau iri kan??"Ibu masih berusaha...
"Nggak!!QUINA BILANG NGGAK YA NGGAK!!!"Gw mulai naik darah dan membentak....
Ibu termenung...beberapa saat kemudian ekspresi mukanya berubah drastis...
"Quina!!!SIAPA YG NGAJARIN KAMU KURANG AJAR!!!"Ibu membalas...
"UDAH AH!!!EMANK IBU KAN YG GAK MAU BELIIN!!"Gw mencoba menepis...
"KALO IYA MEMANK KENAPA????MAU PROTES??"Ibu membalas lagi..
Kali ini Gw mati kutu.....

"DASAR PELIT!!!!"Gw pun berlari keluar...
"PERGI SANA KALO BISA JANGAN BALIK LAGI..!!!!"Ibu malah mendukung Gw..
Gw pun makin sewot dan makin kabur....makin kabur jauh dari rumah Gw......

*****************************

Taptaptap!!Gw masih kabur...saat itu mungkin sekitar jam 11 malam,Hal yg gak wajar seorang gadis lari lari tengah malam....sambil nangis pula....

"Dasar pelit!!!"Gw berteriak lalu berhenti,Dan kembali menangis...








"Jleger!!!"

Suara petir meraung.....Tak ayal lagi hujan pun turun....Udah kaya sinetron..Tapi rupanya...Langit ikut menangis mendampingi Gw....
Gw pun kembali berteriak layaknya orang gila....Tapi mungkin samar terdengar karena terhalang oleh derasnya hujan dan gemuruhnya petir....

Di tengah malam yg gelap itu...Gw menangis sekuat tenaga...melepaskan semua raungan hati....
Tapi namun tiba-tiba.....sekilat cahaya menyilaukan kedua mata Gw.....
"(Inikah mukjizat??)"Pikir Gw sambil menghalangi cahaya menuju ke arah mata Gw....
Gw pun mendekati cahaya itu....Tapi sayangnya....

"TIIIN!!!"

Itu adalah cahaya lampu truk yg sedang ngebut karena jalanan kosong....
Gw pu
n berteriak,Dan segera tertabrak....
Plus segera tak sadarkan diri....

*************************************

"Hei bangun...."Tiba-tiba ada suara seorang gadis yg mirip jelas dengan suara Gw....Hanya suaranya terdengar lebih lembut.....dan sopan..Gw hanya ngedumel sambil ngucek mata....rasanya sama seperti tidur seharian..."Ngapain kamu tiduran di tengah jalan???"Lanjut gadis tadi...Gw pun mulai membuka mata....yg terlihat hanya langit hitam penuh bintang...."Ah.....Gw udah mati ya???Ini surga apa neraka?"Kata Gw mengingat Gw tadi tertabrak truk...."Kamu ngomong apa sih???Ini bukan surga!apalagi neraka!"Suara Gadis tadi ngomel di samping Gw....Saat Gw nengok.....terkejut lah Gw....oleh sosok seorang gadis berambut putih.....bertubuh kecil...YG MIRIP PERSIS SAMA GW.....cuman rambut Gw hitam...........
"Lo...Lo siapa?"Gw shock abiss..."Aku...?"Jawab Dia sambil nunjuk dirinya sendiri..Lalu berdiri(Tadi jongkok)....
"Aku....Ponwensita....Lonsenrita!"Lalu menjulurkan tangannya..."HAAAH?"Jantung Gw copot
mendengar nama itu,PONWENSITA ADALAH NAMA IBU GW....."Kenapa??Kaya ngeliat setan aja??"Dia bertanya dengan polosnya.......
Gw tentu gak mau ngasih tahu...apa yg sedang terjadi sama Gw....Lalu Gw memperhatikan sekeliling.....Tanah di sekitar Gw masihlah rumput tinggi yg menghampar luas....Bulan purnama masih terlihat jelas.....tidak seperti masa depan yg selalu terhalangi oleh bangunan,sudah lama Gw tak memandang bulan sebebas ini...Lalu Gw perhatikan tanah,Tanahnya tidak basah....dan belum pula di aspal....masih tanah berbatu....Lalu Gw tatap baju Ibu...Yg sangat terlihat jadul.....apalagi kesamaan wajah dan nama Ibu.....Maka Gw simpulkan...Gw terbawa ke masa LALU...Mungkin ini Jawaban atas Do'a Gw..tapi apa maksudnya???
"Namamu siapa??"Ibu bertanya kepada Gw....yang sedang shock...."Hah apa??"Gw ngeblank.."Nama!Nama siapa??"Dia nanya lagi.."Ho....Quina..Quina Estell..."Jawab Gw..."Ah..Quina ngapain tiduran tengah jalan tengah malam begini??"Dia bertanya lembut
sekali...."Gw........."Gw mencoba mencari alasan sambil berusaha berdiri,karena jelas ini jalanan yg gak mungkin di lewatin mobil..apalagi truk......"Gw tadi lagi lari eh kesandung jatoh pingsan deh..lagi pengen lari aja...."Gw nyengir..."Oh berarti gak punya arah tujuan donk??"Dia terlihat girang..terlihat gak curiga sama sekali....Gw ngangguk...."Ya udah....Kita ke rumah aja yuk!!"Dia narik tangan Gw...
Akhirnya pun Kita ke rumah Ibu,Sepanjang jalan Dia banyak nanya.....Sampai akhirnya mengajak Gw tinggal di rumahnya setelah Gw bilang Gw yatim piatu.....di masa lalu ini...

***************************************

"Assalamu'alaikum!!!"Ibu membuka pintu dengan girangnya....saat itu Gw udah di rumah ibu......rumahnya tua banget......5 kali lebih jelek dari rumah Gw....
"Ibu!!Sita pulang bawa temen!!"Ibu berteriak terhadap nenek yg sedang memasak di dapur....
"Temen??Emank gak di cariin ama orangtuanya??"Nenek bertanya dari dapur....
"Enggak...Dia yatim...."Ibu menjelaskan.........
Nenek pun segera keluar dari dapur....suara langkahnya terdengar jelas....
"Ngeekk.."Suara pintu dapur di buka....
Diikuti kepala nenek yg keluar dari pintu....


"hooh.."Nenek menarik napas terkaget...melihat Gw yg sangat mirip dengan anaknya....Yg membedakan Gw dan Ibu hanyalah mata Gw yg berwarna merah darah dan rambut hitam kelam Gw...Yg turun dari bapak Gw.......
"Siapa namamu nak??"Nenek bertanya dengan lembut....
"Quina......................Quina Estell..."Jawab Gw...
"Kamu udah makan??"Nenek bertanya lagi sambil mengelus rambut Gw...
terus terang Gw paling suka kalo rambut Gw di elus...Itu membuat Gw tenang...."Belom...."Jawab Gw...Maka gak pake lama lagi Gw pun di ajak makan malam.....

***********************************



"klontang!!"Suara Sendok Gw berdentang dengan piring kaca yg berisi nasi dengan ayam ...
"Quina..pelan-pelan..."Ibu memperingati..Maka Gw pun memperlambat tempo makan Gw...
Ibu kembali makan...diikuti nenek....
"Trek.."Tiba-tiba Ibu meletakkan sendok dan garpunya diatas piring....
Semua orang pun memperhatikan Ibu....

"Bu..."Panggilnya.......Nenek pun mengadah.............."Lebaran tinggal Dua hari lagi...""CRUTTTT!!!!!!!!!!!"Air keluar dari hidung Gw....sangking kagetnya karena peristiwa yg sangat mirip dengan apa Yg Terjadi di meja makan masa depan.....
"Pelan-pelan nak..."Kali ini nenek yg turun tangan.......
"Tadi apa sayang??"Nenek kembali memperhatikan Ibu....
"Dua hari lagi lebaran tapi......"Ibu kembali menjelaskan..Tapi nenek memotong dengan hal yang sama dilakukan Ibu......
Sekali lagi Gw keselek.....sampai Gw harus minum lagi....karena kesamaan peristiwa ini.....
"Kau iri???"Nenek menanya Ibu lagi....
sekali lagi pun Gw keselek........
"NGGAK!!!SITA BILANG NGGAK YA NGGAK!!"Ibu mengatakan hal yang sama..tapi kali ini Gw udah gak kaget.....
"LALU KENAPA MAU PROTES??"Nenek membentak.....
Ibu pun langsung kabur dari rumah......
"SITA!!"Gw mencoba mengejar keluar rumah.....tapi langsung ragu begitu melihat nenek tidak bergerak sedikitpun......Gw langsung lari menghampiri nenek di dapur.....
"Tante!!Sita kabur!!"Gw berteriak..
"Nanti juga balik...."Nenek terlihat tenang..
"Tante gak tau apa ini jam berapa???Sita itu pukulannya lemah!!!Gimana kalau Dia diapa-apain tengah malam begini??"Gw berbicara panjang lebar.......
"Tante...gak pernah kepikiran akan hal itu...tapi kau tahu darimana Sita pukulannya lemah??"nenek bertanya...
"Gak penting!!Ayo kita kejar sekarang!"Gw makin menggebu...
Nenek pun mulai bergerak sambil terlihat bingung akan perkataan Gw tadi....tentang Gw yg tahu segalanya tentang Ibu....Nenek segera memakai jaket dan mengunci rumah........Kita pun memulai pencarian.....

******************


'Khehh.."Gw mengambil napas....saat itu mungkin sekitar jam 2 malam......tapi Gw belum juga nemuin Ibu...
Gw udah 4 kali bolak balik ke rumah.....tapi Ibu belum juga ketemu..........
"Ibu dimana sih......."Gw nambah panik....
tapi untung saat Gw ke taman.....yg sepi banget.....hanya terdapat ayunan dan patung.......disanakah Ibu rupanya sedang duduk sambil menangis...
"(Alhamdullilah......ketemu juga.....)"Gw pun langsung menghampiri dan bertanya.....kenapa Dia kabur.....setelah ngobrol sedikit akhirnya Dia berterus terang...bahwa Dia nggak pernah di beliin baju sekalipun......mendengar hal itu hati Gw tentu aja tersentuh.....Kalo mengetahui Ibu rupanya lebih menyedihkan daripada Gw........setidaknya Ibu pernah membelikan Gw baju walalupun bukan saat lebaran.................
"Sebenarnya...Tante bukannya gak mau beliin...tapi karena keadaan ekonomi keluarga kamu yg sedang minim...gak ada orangtua yg gak mau ngeliat anaknya seneng.....ya kan??"Gw mengangkat dagunya......Dia pun tersenyum......
"Iya....bener.....Sita aja kali ya yg keterlaluan................."terus Dia nunduk.....
"Tapi kok Quina ngomongnya jadi lembut banget???kenapa??"Di abertanya tiba-tiba...
Gw langsung tersentak......Gw bingung mau ngomong apa.....
"hohoho..lagi pengen aja..." jawab Gw.....
terus tersenyum lebar..........
Dia pun ikut tersenyum.......
"Quina....tau gak nanti kalo Sita punya anak.....kaloi cewek....akan Sita namain Quina...Quina Estell"Ibu tiba-tiba mengatakan Hal yg sangat mengejutkan....Jadi inilah jawaban yg Gw cari selama ini ketika Gw tanya Ibu berasal darimana nama Gw.....
Gw pun tersenyum.....
Maka pulanglah Gw berdua.....dan tanpa di duga.........Nenek sedang berdiri di depan pintu...dengan tangan kanan di belakang....terlihat seperti sedang menyembunyikan sesuatu....dan rupanya benar...itu adalah sebuah gaun berwarna putih....yg tidak terlalu bagus....namun mungkin sangat berarti bagi Ibu.....Ibu pun langsung berlari menuju nenek.....mereka terlihat bahagia sekali.....Gw jadi merasa terasingkan.....Dan Gw gak mau mengganggu saat-saat bahagia mereka....Maka Gw pun lari meninggalkan mereka.....

*******************************

Sampailah Gw di tempat Gw di temukan Ibu.......
"Gw harus balik ke masa depan!!"Gw membangkitkan semangat Gw........
"Tapi gimana??"Gw jadi bingung sendiri.....
Gw menatap sekitar..yg terlihat hanyalah batu besar....
Maka Gw pindahkan batu besar itu ke tengah jalan..........lalui Gw berlari menjauh....
Setelah cukup jauh......Gw berhenti...dan sprint balik ke arah batu...begitu dekat..Gw langsung loncat...dan membenturkan kepala Gw ke batu besar itu...Maka Gw gak sadarkan diri.....

******************************

"Neng!!Ngapain tiduran tengah jalan??"Suara bapak-bapak bangunin Gw....
"(Wah jangan-jangan ke masa depan..)"Gw ngedumel....
Tapi begitu Gw buka mata ternyata tidak.....Yg membangunkan Gw kali ini adalah tukang sate padang yg lagi keliling....
"Terima kasih pak..."Gw pun langsung cabut....
"ati-ati neng!!"Tu tukang sate nyahutin.....
"(Ibu!!Ibu!!)"Gw berlari sambil berlinangan air mata..penuh rasa bersalah..walaupun Gw menganggap peristiwa ke masa lalu tadi adalah mimpi....namun cukup menyadarkan Gw.....karena jadi anak gak tahu diri...............................
Dan saat Gw sampai dirumah.....

Terlihatlah Ibu yg sedang menangis.....
"IBU!!!!!!!!!!!!"Gw berlari menghampirinya...............
Ibu spontan memeluk Gw.....
Kita berdua menangis di depan pintu.......
"Ibu maafin Quina!!!"Kata Gw....
"Iya..Ibu maafin..Tunggu sini sebentar.."Ibu langsung masuk ke dalam....
Dan rupanya mengambil SEBUAH BAJU BARU!!!!
Gw langsung loncat kegirangan..........
"Makasih bu!!"Gw langsung menangis bahagia.....

Kita pun masuk kedalam...Gw duduk di pangkuan Ibu....
Rasanya hangat banget suasana.......tenang,bahagia.......dan damai.......
Kita saling ngobrol dan curhat di sertai becanda......
Sangat menyenangkan malam itu.....


"Quina.."Ibu manggil........
Gw menengok ke atas....
"Tanpa kita sadari...sejarah itu sedang terulang......."Lalu Ibu tersenyum.....
Gw langsung termenung....
"Ibu!......................sejarah.....................terulang...gak mungkin!!!"Gw langsung shock....




FIN


 

0 Responses to Same as me

Beri comment..

jangan lupa beri komentar yo!!